Wednesday, May 1, 2019

Multimedia dalam Grafik Komputer

Kata multimedia terdiri dari dua kata yang terpisah, multi arti banyak, dan cara arti media melalui mana informasi dapat ditransmisikan. Oleh karena itu, multimedia dapat digambarkan sebagai integrasi dari beberapa elemen media bersama untuk mempengaruhi informasi yang diberikan sehingga dapat disajikan dengan cara yang menarik dan interaktif.

Dengan kata sederhana, multimedia berarti dapat berkomunikasi dalam lebih dari satu cara. Secara tradisional, informasi disajikan hanya dalam satu media saja, baik itu surat kabar atau radio atau televisi. Dengan perkembangan komputer, penyajian data telah mengambil arti yang sama sekali baru.

Multimedia dalam Grafik Komputer

Multimedia adalah metode komputerisasi dalam menyajikan informasi dengan menggabungkan komponen audio, video, grafik, teks, dan atau animasi. Sebagai contoh, database multimedia dari alat musik memungkinkan pengguna tidak hanya untuk mencari dan mengambil teks tentang instrumen tertentu tetapi juga untuk melihat gambar-gambarnya dan memainkan karya musik. Munculnya layar resolusi tinggi dan fasilitas pemutaran suara dan video untuk komputer telah mengakibatkan peningkatan penggunaan aplikasi multimedia.

Aplikasi multimedia tipikal ditandai oleh beberapa fitur yaitu:


  • Penggunaan teknologi digital
  • Menuntut interaksi dari pengguna
  • Mengintegrasikan suara, gambar, teks, dan data ke dalam aplikasi yang mulus.


Seperti yang kita ketahui, multimedia terutama berkaitan dengan integrasi teks, grafik, gambar, gambar diam atau bergerak (video) yang dikontrol komputer, animasi dan audio di mana setiap jenis informasi dapat diwakili, disimpan, dikirim, dan diproses secara digital. Berbagai elemen yang bersama-sama membentuk multimedia adalah sebagai berikut:

Teks


Tampilan kata di layar, yaitu teks, adalah dasar dari sebagian besar aplikasi. Manusia mengembangkan teks dan simbol sehingga mereka dapat berkomunikasi. Menulis membantu manusia untuk mengingat hal-hal untuk periode yang jauh lebih lama daripada apa yang mungkin dengan bantuan memori (otak).

Kata-kata dan simbol dalam bentuk apa pun, lisan atau tulisan, adalah sarana komunikasi yang paling umum. Hari-hari ini tidak hanya teks mampu menampilkan informasi, tetapi juga memperoleh interaktivitas; hal-hal seperti anotasi elektronik, yang membantu menavigasi semua informasi yang disajikan di Web melalui hiperteks. Hiperteks dapat didefinisikan sebagai objek dalam teks yang memungkinkan pengguna untuk berpindah dari satu halaman web ke halaman lainnya dengan mengklik tombol mouse.

Ini bertindak seperti catatan kaki elektronik dan membantu dalam menavigasi semua informasi. File dapat berisi teks mentah atau teks berformat. Sebagai contoh, hypertext markup language (HTML), sumber bahasa program (C, Pascal) atau rich text format (RTF) -sebuah format file untuk file teks yang mencakup pemformatan seperti gaya font dan tipografi yang berbeda dan sebagainya.

Penyimpanan dasar teks adalah 1 byte per karakter (teks atau format karakter). Untuk bentuk data lain seperti file spreadsheet, beberapa mungkin menyimpan format sebagai teks (dengan format), yang lain mungkin menggunakan pengkodean biner.

Teks dapat ditulis menggunakan berbagai alat pengeditan dan pemrosesan teks seperti Perangkat Lunak Pengolah Kata seperti Microsoft Word dan Word Perfect di mana file teks dapat dikembangkan dan kemudian diimpor ke alat pembuat multimedia untuk diintegrasikan dengan elemen media lainnya. Pascal) atau rich text format (RTF) - format file untuk file teks yang mencakup pemformatan seperti gaya font dan tipografi yang berbeda dan sebagainya.

Penyimpanan dasar teks adalah 1 byte per karakter (teks atau format karakter). Untuk bentuk data lain seperti file spreadsheet, beberapa mungkin menyimpan format sebagai teks (dengan format), yang lain mungkin menggunakan pengkodean biner. Teks dapat ditulis menggunakan berbagai alat pengeditan dan pemrosesan teks seperti Perangkat Lunak Pengolah Kata seperti Microsoft Word dan Word Perfect di mana file teks dapat dikembangkan dan kemudian diimpor ke alat pembuat multimedia untuk diintegrasikan dengan elemen media lainnya.

Pascal atau rich text format (RTF) - format file untuk file teks yang mencakup pemformatan seperti gaya font dan tipografi yang berbeda dan sebagainya. Penyimpanan dasar teks adalah 1 byte per karakter (teks atau format karakter). Untuk bentuk data lain seperti file spreadsheet, beberapa mungkin menyimpan format sebagai teks (dengan format), yang lain mungkin menggunakan pengkodean biner.

Teks dapat ditulis menggunakan berbagai alat pengeditan dan pemrosesan teks seperti Perangkat Lunak Pengolah Kata seperti Microsoft Word dan Word Perfect di mana file teks dapat dikembangkan dan kemudian diimpor ke alat pembuat multimedia untuk diintegrasikan dengan elemen media lainnya. Untuk bentuk data lain seperti file spreadsheet, beberapa mungkin menyimpan format sebagai teks (dengan format), yang lain mungkin menggunakan pengkodean biner.

Teks dapat ditulis menggunakan berbagai alat pengeditan dan pemrosesan teks seperti Perangkat Lunak Pengolah Kata seperti Microsoft Word dan Word Perfect di mana file teks dapat dikembangkan dan kemudian diimpor ke alat pembuat multimedia untuk diintegrasikan dengan elemen media lainnya.

Untuk bentuk data lain seperti file spreadsheet, beberapa mungkin menyimpan format sebagai teks (dengan format), yang lain mungkin menggunakan pengkodean biner. Teks dapat ditulis menggunakan berbagai alat pengeditan dan pemrosesan teks seperti Perangkat Lunak Pengolah Kata seperti Microsoft Word dan Word Perfect di mana file teks dapat dikembangkan dan kemudian diimpor ke alat pembuat multimedia untuk diintegrasikan dengan elemen media lainnya.

Grafik


Ini adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan representasi data bergambar. Ketika seseorang berbicara tentang grafik, kita biasanya cenderung merujuk representasi piktorial yang dibuat oleh objek primitif seperti garis, poligon, lingkaran, kurva, dan busur. Misalnya, gambar kubus dapat digambar menggunakan garis dan diagram lingkaran pai dapat digambar menggunakan garis dan busur.

Gambar adalah gambar diam yang direpresentasikan sebagai bitmap (grid piksel) tetapi, grafik biasanya dapat diedit atau direvisi (tidak seperti gambar). Secara umum, perangkat input grafis termasuk keyboard, mouse, trackball atau pena cahaya.

Dikatakan bahwa gambar bernilai ribuan kata, sehingga dengan menambahkan elemen grafis ke dalam dokumen berbasis teks dapat mengubah persepsi pengguna terhadap dokumen. Integrasi elemen grafis ke dalam aplikasi membuatnya lebih elegan dan mudah dipahami. Teknologi yang berkembang telah menghasilkan banyak grafik dan citra visual untuk proyek multimedia.

Untuk pengembangan proyek multimedia, berbagai gambar diambil dari berbagai sumber seperti pemindai, kamera digital, dan melalui Internet. Setelah gambar diubah menjadi bentuk digital, mereka dapat diedit dan dimodifikasi menggunakan perangkat lunak pengedit gambar, yaitu, Adobe Photoshop, Corel Draw, dan Freehand.

Audio


Ini berarti sensasi yang dihasilkan dari stimulasi mekanisme pendengaran oleh gelombang udara atau getaran. Getaran molekul udara di atmosfer yang dapat dirasakan oleh telinga. Ini melibatkan transmisi getaran mekanis oleh media elastis yang mampu dideteksi oleh telinga manusia. Komputer dan teknologi digital telah mengubah wajah industri musik.

Saat ini, musik digital digunakan untuk menghasilkan efek khusus di televisi, film, di studio rekaman, dan di permainan. Efek musik dan suara tidak hanya menambah interaktivitas dengan pengguna tetapi juga bermain dengan persepsi dan emosi pengguna.

Audio juga dapat digunakan untuk memberikan rasa tempat atau suasana hati seperti yang dilakukan untuk kesempurnaan dalam permainan. Musik mungkin adalah bentuk suara yang paling jelas. Dapat digunakan untuk mengatur suasana hati, menyampaikan ide, dan bahkan menceritakan sebuah kisah.

Pidato juga merupakan cara yang sempurna untuk mengajari pengguna pengucapan kata-kata sebagaimana dilakukan oleh perangkat lunak pembelajaran wicara. Efek suara non-ucapan dapat digunakan di antarmuka pengguna untuk memberi tahu pengguna tentang peristiwa latar belakang. Misalnya, suara kemajuan unduhan file dapat ditandai oleh suara air yang mengalir ke gelas yang secara bertahap terisi. Suara latar semacam ini harus tidak mengganggu.

Selain itu, Suara dapat disematkan ke halaman web dan dapat dimainkan. Suara latar semacam ini harus tidak mengganggu. Selain itu, Suara dapat disematkan ke halaman web dan dapat dimainkan. Suara latar semacam ini harus tidak mengganggu. Selain itu, Suara dapat disematkan ke halaman web dan dapat dimainkan.

Video


Ini mengacu pada gambar bergerak disertai dengan suara seperti film di televisi. Ini adalah media yang langsung seperti cetak dan menarik lebih banyak perhatian. Ini menambah kekayaan konten dan meningkatkan pengalaman pengguna. Ini mendramatisir dan memberi dampak pada aplikasi multimedia.

Mengintegrasikan elemen video dalam aplikasi multimedia memberikan banyak informasi dalam waktu singkat. Jika digunakan secara terencana dan dijalankan dengan baik, itu dapat membuat perbedaan dramatis dalam presentasi multimedia.

Video digital berguna dalam aplikasi multimedia untuk menampilkan objek kehidupan nyata, seperti orang yang berbicara atau ilustrasi konsep kehidupan nyata. Video menempatkan permintaan kinerja tertinggi pada memori komputer dan bandwidth jika ditempatkan di Internet.

Dalam hal komputer dan Internet, masalah utama pada sebagian besar video adalah kualitas produksinya terlalu rendah dan ukuran file-nya sangat besar. Untuk membuat video dapat digunakan, file video perlu dikompres dalam format file yang berbeda.

Animasi


Ini adalah proses sequencing gambar diam dalam suksesi cepat untuk memberikan efek gerak hidup. Urutan gambar ditampilkan satu demi satu dengan sangat cepat sehingga mata dan otak manusia memadukan gambar untuk menghasilkan efek gerak. Ini adalah alat yang ampuh yang mampu mengkomunikasikan ide-ide kompleks.

Seringkali jauh lebih mudah untuk menunjukkan kepada seseorang bagaimana sesuatu bekerja kemudian mencoba menjelaskannya. Animasi itu layak karena fenomena alam yang dikenal sebagai kegigihan penglihatan. Objek yang dilihat oleh mata manusia tetap dipetakan pada retina mata untuk interval waktu yang singkat setelah dilihat.

Hal ini memungkinkan serangkaian gambar yang diubah sangat sedikit dan sangat cepat, satu demi satu, untuk bergabung menjadi ilusi visual gerakan. Dengan kata lain, jika seseorang hanya mengubah sedikit lokasi atau bentuk suatu objek dengan cukup cepat, mata akan menganggap perubahan itu sebagai gerak. Urutan animasi harus menunjukkan jumlah bingkai tertentu setiap detik. Untuk animasi profesional, Anda harus memiliki setidaknya 30 frame per detik.

Dalam dunia yang penuh tantangan saat ini, jika ide-ide presentasi tidak diungkapkan secara efektif maka presentasi itu gagal. Salah satu cara mengekspresikan ide imajinatif adalah dengan menggunakan grafik. Grafik dapat disajikan dalam berbagai mode yang dijelaskan sebagai berikut:

Latar Belakang: Mengatur nada dan tema presentasi. Itu harus didasarkan pada jenis informasi yang akan disampaikan. Misalnya, jika informasi lebih berorientasi pada teks, maka gambar latar belakang sederhana harus digunakan. Dalam hal informasi tersebut disampaikan kepada anak-anak kecil maka latar belakang harus lebih beranimasi dan penuh warna.

Grafik dua dimensi (2D): Biasanya, ketika seseorang melihat layar komputer, maka ia berada pada gambar dua dimensi. Gambar membentang dari kiri ke kanan dan atas ke bawah tetapi biasanya tidak masuk dan keluar dari layar komputer. Definisi gambar 2D hanya berisi informasi tentang bagaimana suatu adegan muncul dari titik tertentu.

Grafik tiga dimensi (3D): Gambar 3D berisi informasi tentang adegan dalam tiga dimensi (koordinat x, y, dan z). Namun, data 3D ini tidak dapat dilihat secara langsung. Untuk melihatnya, pertama-tama data 3D harus dikonversi menjadi gambar 2D oleh komputer menggunakan proses yang dikenal sebagai rendering.

Proses rendering mengambil sebagai input adegan 3D dan lokasi dan atribut kamera dan menghasilkan sebagai output gambar 2D yang dilihat kamera dari titik tertentu di ruang. Proses ini dilakukan dengan memproyeksikan adegan 3D secara matematis ke permukaan 2D. Dalam fotografi, ini dilakukan oleh lensa kamera, tetapi dalam grafik komputer, ini dilakukan dengan menyelesaikan persamaan matematika. Dalam kedua kasus, hasilnya adalah gambar 2D yang telah dihasilkan dari adegan 3D.

Grafik dan grafik: Dalam proyek multimedia yang terkait dengan bisnis dan pelatihan, grafik dan grafik adalah bentuk grafik yang paling tepat digunakan untuk menyajikan informasi terkait fakta dan angka.

Flowchart: Penggunaan diagram alur mengekspresikan urutan sistematis suatu peristiwa. Mereka dikembangkan terutama untuk memecah langkah-langkah pemecahan masalah yang kompleks menjadi langkah-langkah yang lebih kecil dan lebih rumit sehingga mengembangkan logika menjadi lebih mudah. Mereka juga digunakan untuk mewakili grafis 2D.


EmoticonEmoticon