Jadi apa sebenarnya perbedaan antara Multimedia dan Animasi?
Kata multimedia itu sendiri jelas. Ini mengacu pada praktik menggunakan berbagai bentuk media, yang mungkin atau mungkin tidak termasuk animasi, secara bersamaan, dalam produk atau proyek tertentu. Produk multimedia akan sering menggabungkan teks, gambar foto, video, film, animasi dan suara dalam satu paket.
Produk multimedia seringkali bersifat interaktif dan umumnya hanya dapat dibuat pada, dan diakses oleh, perangkat komputasi.
Multimedia sekarang mencakup beragam produk, proyek, dan layanan. Contoh yang familier adalah kursus Pelatihan Berbasis Komputer (CBT) yang digunakan dalam pendidikan atau CD-ROM instruksional tipikal sehingga sering disukai oleh seorang pelajar.
Seorang seniman misalnya berisi, headshot, biografi dan portofolio pekerjaan, yang kemudian dibakar, dan dikirim dalam bentuk CD-rom, juga akan dianggap sebgai multimedia secara alami dan multimedia sangat sering digunakan dalam pengaturan perusahaan dalam bentuk presentasi.
Bahkan penggemar video game tidak kebal terhadap serangan revolusi multimedia karena ia berjuang dalam arena permainan multi-pemain yang semakin kompleks yang dikenal sebagai MMORPGs.
Salah satu fitur terpenting dari produk atau layanan multimedia adalah sifatnya yang lebih sering interaktif. CD pelatihan driver pelajar yang disebutkan sebelumnya akan menjadi contoh utama karena akan mengharuskan pengguna untuk terlibat dengan konten secara keseluruhan.
Jenis platform pendidikan ini juga berfungsi sebagai contoh klasik dari bentuk multimedia non-linear yang membutuhkan interaksi dan input dari pengguna atas kontrol dan pengiriman konten.
Multimedia dalam bentuk liniernya sebagai contoh sederhananya adalah Cinema, menawarkan sedikit atau tidak ada ruang untuk interaksi atau kontrol tersebut.
Penggunaan istilah multimedia telah berubah selama bertahun-tahun dan baru pada tahun 90-an ia memperoleh makna saat ini. Multimedia dapat hidup atau pra-rekaman dan dengan munculnya tablet komputer, ponsel pintar, platform game canggih dan sejenisnya, multimedia sekarang menjadi kekuatan yang meresap.
Animasi di sisi lain adalah 'media sinematik khusus' yang sering menggunakan ratusan, terkadang ribuan gambar foto. Gambar-gambar ini digabungkan secara berurutan selama periode waktu tertentu (berbicara secara sinematik) biasanya 24, 25, atau 30 frame per detik. Ketika gambar-gambar ini, yang semuanya akan sedikit berbeda satu sama lain, direkam dan diputar ulang secara berurutan, mereka menciptakan ilusi gerakan.
Animasi dapat berupa 2D atau 3D. Dapat digambar tangan atau dihasilkan komputer. Libatkan model tanah liat, boneka, bayangan, atau cut-out. Beberapa animasi mungkin melibatkan semua elemen ini dan banyak lagi. Contoh sinematik animasi 3D yang baik adalah Toy Story, Shrek, The Incredibles dan The Croods.
Animasi 3D adalah area yang sangat kompleks dengan terminologi yang unik. Intinya animasi 3D dimulai dengan kreasi atau pemodelan mesh 3D dari objek atau karakter yang akan dibuat. Mesh kemudian dapat disempurnakan oleh modeller sebelum dicurangi dan diprogram untuk gerakan. Animasi 3D memang memerlukan beberapa keterampilan menggambar dasar setidaknya, sangat teknis, dan sangat bergantung pada penggunaan tekstur dan pencahayaan 3D.
Animasi 2D di sisi lain melibatkan pemrosesan ribuan gambar individu yang disalin dari gambar kertas asli ke asetat transparan yang dikenal sebagai Cels. Setiap Cel kemudian diwarnai dengan hati-hati dan diletakkan pada latar belakang yang dicat sebelum difoto satu per satu dengan bantuan kamera mimbar.
Metode pembuatan film ini memberi kami karya klasik seperti Snow White dan The Seven Dwarfs, 101 Dalmatians and the Lady and the Tramp.
Animasi Stopmotion mirip dengan di atas satu-satunya perbedaan adalah bahwa objek fisik seperti boneka atau boneka akan tampak bergerak sendiri ketika dimanipulasi sedikit demi sedikit di antara bingkai foto.
Saat ini proses animasi jauh lebih tidak praktis karena banyak animasi dibuat dan diedit pada komputer menggunakan gambar vektor atau bitmap dengan perangkat lunak canggih yang digunakan untuk pewarnaan dan pergerakan kamera.

EmoticonEmoticon